Jumat, 24 Agustus 2018

Apa Itu Mobile-first Indexing dan Manfaat untuk SEO

Apa Itu Mobile-first Indexing dan Manfaatnya untuk SEO

Teknologi Muktahir - Apa itu Mobile-first Indexing. Apa yang dimaksud dengan Mobile-first Indexing yang baru-baru ini diumumkan oleh Google per tanggal 26 Maret 2018. Bila dicerna dari makna mobile-first indexing adalah bahwa halaman website dengan versi mobile yang akan di indeks secara khusus dulu dari pada website yang bukan versi mobile.

Versi mobile artinya, website yang mudah diakses melalui smart phone dengan tampilan menyesuaikan layout pada sebuah smart phone atau tak jarang disebut dengan istilah mobile friendly atau responsive website.

Tetapi agak sedikit membingungkan dengan statemen dari google berikut ini “For sites that have AMP and non-AMP pages, Google will prefer to index the mobile version of the non-AMP page.”

Artinya untuk website atau website yang menerapkan AMP (Accelerated Mobile Pages) dan yang tak menerapkan AMP, google akan lebih mengutamakan peng indeksan untuk versi mobile (smart phone) yang tak menerapkan AMP (non AMP).

Meski AMP itu adalah mobile friendly yang telah banyak di gunakan oleh para pemilik website sebab AMP ini adalah rekomendasi dari google dalam mempercepat load sebuah website.

Lagi dikatakan bahwa Mobile-first indexing adalah bagaimana google mengumpulkan berita dari sebuah website dan bukan untuk memberi ranking pada sebuah berita (halaman website) hal yang demikian sehingga berita yang dikumpulkan melalui pengerjaan mobile-first indexing tak lah memiliki nilai ranking terhadap berita yang belum dikumpulkan untuk website versi desktop.

Intinya, google memandang bahwa pengguna smart phone telah melebihi pengguna desktop sehingga google lebih mengutamakan kepuasan users (user experience) dalam mencari berita melalui mesin pencari google dan berita yang akan terindeks lebih utama adalah berita (halaman) website yang telah terintegrasi dengan versi mobile.

Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman mengenai mobile-first indexing ini, boleh berjenis-jenis sebab aku juga masih belum mengerti 100% mengenai apa itu mobile-first indexing. Bravo!
Comments


EmoticonEmoticon